Powered By Blogger

Senin, 01 Oktober 2012

Krisis Pede

Krisis Pede 
By : Andreas Dwi Chrisdiantoro

Bacaan: Yakobus 2:1-4 
Sebab Allah tidak memandang bulu.- Roma 2:11 



Nggak tau nih kenapa sekarang kita jadi minder banget. Kalo liat temen-temen kita yang cantik, kita jadi merasa yang paling jelek. Jadi nggak nyaman bergaul sama mereka, takut dikira dayangnya gitu. Mau bergaul sama cowok cakep? Ih yang bener aja, ntar pasti banyak orang yang bilang “Ngaca dulu dong! “. Mo gaul sama yang kaya, risih juga sih kalo dipikir nggak tau diri ‘n mo ngambil keuntungan dari mereka. Gaul sama para genius, malu ah, bakalan jadi orang paling tulalit dong.
Berhadapan dengan orang yang lebih rohani rasanya juga kaku banget, abisnya kita merasa kalo kita punya dosa yang jauuuuh lebih banyak dibanding dia.
Akhirnya kita hanya berani bergaul dengan orang yang kita anggap “senasib”. Hanya di depan mereka kita bisa merasa pede. Bahkan kalo di depan yang kita anggap lebih buruk, kita bisa jadi sangat pede, merasa punya nilai plus gitu. Oo... there is something wrong here! Tau nggak sebenernya banyak dari mereka yang kita anggap lebih dari diri kita itu nggak menganggap kita lebih rendah, lho!
Sebenernya mereka mau bergaul dengan kita, tapi kita yang justru menutup diri.
Jangan salahkan mereka kalo akhirnya mereka nggak mau bergaul dengan kita, karena bergaul dengan orang yang minderan itu sama sekali nggak asik. Terang aja, orang minder itu lebih sensitif, gampang tersinggung, nggak bisa apa adanya juga, pokoknya nggak seru banget deh.
Orang minder itu juga mudah jadi over pede di tengah-tengah orang yang dianggapnya lebih rendah dari dirinya. Jadi rada-rada sombong gitu deh. Tuhan Yesus udah memberi contoh supaya kita nggak minder sekaligus juga nggak sombong. Dia bisa bergaul dengan para penguasa, dan juga bisa bergaul dengan pengemis, pemungut cukai, bahkan pelacur.
Type yang kayak Tuhan Yesus jelas asik banget jadi temen gaul. Kalo Tuhan aja nggak bikin gap dalam pergaulan-Nya, so kenapa kita musti bersikap seperti itu? Justru kalo kita menilai orang hanya berdasarkan penampilan luarnya doank, kita salah banget. Tuhan menciptakan manusia sama nilainya.
Seharusnya nggak ada yang perlu merasa minder maupun sombong. Mulai sekarang, belajarlah jadi pribadi yang asik seperti Tuhan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar